Senin, 28 November 2016

"PARTIKEL" oleh DEWI LESTARI




 TUGAS
ANALISIS NOVEL “PARTIKEL” DEWI LESTARI
DR. YENNI HAYATI M.HUM

OLEH
ATILA SHELA YOLANDA
16017040

SASTRA INDONESIA
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2016



UNSUR INSTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK
1. unsur intrinsik
    a. Tema :  hubungan antara manusia dan alam.
   
    b. tokoh dan penokohan :
  • zarah : keras kepala, penyayang, haus akan ilmu, pekerja keras, egois, selalu berfikir kritis (ingin tahu).
  • ayah : berdedikasi tinggi, ambisisus, serius, terlalu memikirkan keluarga, dan juga penyayang.
  • ibu zarah : perhatian, sabar, dan penurut.
  • hara : dewasa, penyayang, pemaaf, dan cerdas.
  • abah : keras kepala, patuh kepada adat, dan religius.
  • koso : pandai berbicara.
  • storm : berkharisma, menarik, romantis, pengkhianat, dan playboy.
  • paul : baik, sopan, dan pekerja keras.
  • zach : saling membantu, disiplin, dan perhatian.
  • elena : suka membantu sesama teman.
  • bi yati : baik, suka membantu sesama.
  • bu aminah : emosional, pemarah.
  • pak yusuf : tegas.
  • pak ishak : disiplin dan tegas.
  • pak kas : suka menolong dan selalu membantu/ menyelesaikan masalah.
  • pak mansyur : disiplin
  • ujang : humoris, hangat dan suka berteman.
  • ibu inga : sabar, penyayang, pecinta binatang, pemberi solusi, dan disiplin.
  • gary : humoris.
  • kang ridwan : tega dan penyayang.
  • kim : setia kawan.
  • pak simon : menyukai hal-hal yang berbau mistis dan suka menolong.
  c. latar :
  • latar waktu : pagi hari, subuh-subuh, malam hari dan tengah malam.
  • latar tempat : di rumah abah, taman nasional bolivia (amerika selatan), kampus, laboratorium, hutan bukit jambul, kebun batu luhur, batu luhur kota bogor, kebun raya bogor (ditepi sungai ciliwung), ruang kerja ayah zarah, lapangan dipuncak bukit jambul, sekolah swasta SD-SMA (tempat sekolah zarah), kamar zarah, ruang kelas, kios foto, di meja makan, hutan kalimantan, tanjung puting, pangkalan bun, homestay tanjung harapan, bandara heathrow london, stasiun jakarta, clapham, galeri photo, restoran italia, galeri photo, apatemen storm, apartemen koso, kepulauan fiji, glastonbury symposium, weston, di inggris, perpustakaan, di rumah pak simon.
  • latar suasana : misterius, panik, menyedihkan, mencurigakan, mengerikan , mengkhawatirkan, menyenangkan atau bahagia, mengharukan, menegangkan.
  d. alur
      alur yang digunakan dalam novel partikel ini menggunakan alur maju mundur (campuran).

·         .  Pengenalan cerita 
      Zarah , perempuan kecil yang aneh dididik oleh ayah nya dengan cara kontroversial ; diajarkan segala pengetahuan dengan cara ayah megajarnya , tidak melalui institusi pendidikan resmi .
·         . Awal konflik 
    Rencana penelitian ayah zarah tidal diterima sehingga ia menghilang dari kampung .
·         .  Menuju konflik
   Zarah mahir dalam fotografi sehingga ia berkesempatan untuk menjelajahi dunia. 
·         .  Klimaks
    Zarah kabur karena sering berseteru dengan keluarga nya dan adanya pengkhianatan yang dialami zarah saat berada dilondon .
·         . Penyelesaian ( ending ) 
    Zarah memulai hidup sendiri dengan berkelana pindah tempat disegala penjuru dunia .  
  
  e. sudut pandang
      sudut pandang yang digunakan : sudut pandang orang pertama dan orang ketiga serba tahu.
 
  f. amanat : manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan yang lainnya merupakan ciptaan Allah swt. jadi sesama makhluk Allah harus menjaga kelestarian alam ini, terutama sekali manusia karena manusia sudah diberi akal dan pikiran, jadi sebagai makhluk Allah yang paling sempurna seharusnya manusia sangat tau tentang apa yang telah ditugaskan oleh Yang Maha Kuasa.  Bersyukur atas hidup yang kita miliki sekarang dan selalu berusaha . Selalu menjalani hidup dengan penuh ke ikhlasan dan tidak pernah putus asa atas segala kegagalan dan masalah hidup di dunia ini

2. unsur ekstrinsik
    a. nilai pendidikan
           Merupakan nilai manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan, baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan. seperti nilai-nilai yang ada dalam novel partikel ini, misalnya :
  • setia kawan 
          setia kawan adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang kepada orang yang di anggap mempunyai tujuan dan keinginan yang sama, perasaan tersebut dapat diwujudkan dengan cara menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing, serta berjuang meraih cita-cita bersama baik suka maupun duka. hal ini dapat dilihat dalam kutipan "saya mau mengulang kelas 2 (dua)" (partikel,2012,116) dan saya mau bantu kosolocuhukwu belajar bu, partikel 2012,117) kutipan tersebut menggambarkan keadaan dimana zarah rela berkorban demi sahabatnya tersebut yang tidak naik kelas demi belajar bersama koso yang berkelainan otak.
  • tolong menolong
          tolomg menolong merupakan sikap membantu orang lain, untuk kebaikan bukan untuk kejahatan, itulah yang ditujukan oleh Firas yang menggunakan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk membantu kemajuan masyarakat Batu Luhur. Firas membantu penduduk untuk membuat penyaringan air hujan yang baik dan langsung dan minum. seperti tergambar pada kutipan "bogor kota curah hujan yang tinggi, dimanfaatlan ayah dengan merancang penampungan air hujan yang disambungkan kesebuah reservoir. (partikel 2012:13). kutipan tersebut menggambarkan bagaimana cara Firas memberikan pertolongan kepada masyarakat Batu Luhur yang sangat bermanfaat bagi masyarakat tersebut.

b. nilai religius
    nilai religius merupakan sudut pandang yang mengikat manusia dengan pencipta alam semesta dan seisinya. ikatan antara manusia dengan Tuhan dapat diwujudkan dengan banyak cara satu diantaranya adalah selalu percaya dan yakin kepada kekuasaannya.
  • keyakinan kepada Tuhan yang Maha Esa
          keyakinan kepada Tuhan yang Maha Esa merupakan bentuk keyakinan yang paling tinggi, paling utama dalam agama. seperti kutipan dalam novel Partikel "muka abah merah padam, ia benar-benar marah hari ini kamu benar-benar mencoreng nama abah, abah sangat malu punya cucu yang sangat kafir". tukasnya (partikel 2012:103) kutipan tersebut menggambarkan bahwa abah sangat marah ketika cucunya tidak tahu soal atau maksud dari iman.
  • menghormati seorang ibu.
          ibu adalah seorang yang sangat berjasa dalam hidup kita, karena ibu yang mengandung kita dalam rahimnya dan melahirkan kita membesarkannya dengan penuh kasih sayang. jasa seorang tidak bisa dibalas oleh seorang anak, sepeti dalam kutipan berikut "kulihat ibu sejenak berhenti menuangkan teh seperti menyodorkan tangannya. rikuh aku membungkuk meraih telapak tangannya dan menyentuhkannya kedahiku. sebagaimana yang selalu kulakukan tiap kali berangkat dan pulang kerumah ini. (partikel, 2012:36)

c. nilai sosial
    perilaku sosial dan tata cara hidup sosial merupakan perilaku tau sikap yang selalu mengutamakan kepentingan orang lain dari pada kepentingan pribadi. berdasarkan hasil analisis saya, nilai sosial dalam novel partikel, yaitu :
  • pengorbanan
          pengorbanan merupakan sikap yang ditujukan kepada orang lain untuk membuktikan keseriusan dalam suatu hal. misalnya pengorbanan orang tua kepada seorang anak, seorang suami untuk istri dan sebaliknya. maupun pengorbanan seorang kekasih kepada orang yang dicintainya. seperti yang terlihat pada kutipan "pengorbanan abah pindah ke kota pun tidak sia-sia, ayah melewati masa sekolahnya dari sati beasiswa kebeasiswa lainnya". (partikel,2012:11). dari kutipan diatas terlihat abah rela meninggalkan kota kelahirannya Batu Luhur demi anaknya Firas agar mendapatkan pendidikan yang lebih baik.
  • kemenangan
          merupakan hasil yang diperoleh dari sebuah usah atau perjuangan yang keras. perjuangan yang dilakukan untuk memperoleh kemenangan yang dilakukan secara sungguh-sungguh kemenangan yang diperoleh Zarah adalah menjadi juara lomba foto disebuah majalah. seperti pada kutipan. "keningku berkerut, selamat? hara cepat-cepat membuka halaman yang memuat sebuah foto yang kukenal (partikel,2012:171)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar